Manfaat Tidur Siang Saat Bekerja Bagi Karyawan | Atenda.id

Penuh Inspirasi, wawasan dan pengetahuan

Atenda selalu memberikan yang terbaik dan terakurat untuk Anda

Home > Blog > Manfaat Tidur Siang Saat Bekerja Bagi Karyawan

tidur siang.jpg


Manfaat Tidur Siang Saat Bekerja Bagi Karyawan

Atenda.id | 27 Sep 2019

Jaman sekarang banyak perusahaan modern yang telah lingkungan tempat kerjanya dengan fasilitas-fasilitas mendukung seperti kantor yang lebih terbuka (co-working space), yoga class, ruang permainan, dan ruang istirahat yang dirancang untuk meningkatkan produktivitas dengan memberi pekerja kesempatan untuk beristirahat dan menikmati waktu luang sesaat. ada satu kegiatan yang tidak membutuhkan banyak biaya, dapat diakses oleh setiap karyawan dan telah terbukti secara ilmiah untuk meningkatkan kinerja. Aktivitas itu adalah tidur siang.

 

Para ahli sepakat bahwa tidur malam adalah indikator terbaik untuk kinerja kerja di siang hari. Saat ini, kebanyakan orang dewasa kebanyakan pada kurang tidur, sebagian karena peningkatan tugas kerja di luar jam kerja dan paparan cahaya yang mengganggu tidur dari smartphone dan laptop. Hal ini menyebabkan karyawan tidur di tempat kerja, yang berisiko bagi keselamatan. Terlepas dari seberapa baik istirahat seorang karyawan, hampir setiap orang menderita penurunan produktivitas di sore hari yang ditandai dengan rasa kantuk, sulit berkonsentrasi dan sulit berkonsentrasi. Fenomena ini karyawan yang tidur di tempat kerja sebenarnya tidak terkait dengan asupan makanan (meskipun itu dapat diperburuk dengan makan siang yang banyak mengandung karbohidrat), ini merupakan konsekuensi biologis yang tak terhindarkan dari ritme sirkadian alami kita. Bahkan pekerja shift malam yang telah menyesuaikan diri dengan jadwal mereka harus berhadapan dengan kinerja "pasca makan siang" dan sulit berkonsentrasi.

Tidak harus lama, bahkan tidur siang singkat sudah cukup untuk menikmati produktivitas sepanjang hari. Bos Anda masih Anda masih belum sadar tentang hal tersebut? Berikut adalah lima alasan sains mengatakan manfaat tidur siang saat bekerja bagi karyawan.

 

Tidur siang meningkatkan produktivitas Anda.

Kelelahan karena kurang tidur menyebabkan penurunan efisiensi dan produktivitas di tempat kerja. Tetapi para ahli sepakat bahwa tidur siang dapat membantu meningkatkan produktivitas. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di Nature Neuroscience, para peneliti menemukan bahwa kinerja para peserta saat tes memburuk sepanjang hari.

Tidur siang selama 30 menit di antara tes menghentikan penurunan kinerja di antara peserta lain, dan mereka yang tidur siang selama 60 menit merasa semangat kembali bekerja.

 

Tidur siang meningkatkan konsentrasi

Ketika kita menjalani hari, otak kita mulai banyak pikiran. Ini dapat menyebabkan penurunan efisiensi di tempat kerja dan konsentrasi. Dengan tidur siang dapat membuat Anda lebih waspada, merespons lebih cepat dan lebih baik, dan membuat lebih sedikit kesalahan.

Bahkan 20 menit tidur siang dapat meningkatkan konsentrasi dan kinerja.

 

Tidur siang meningkatkan daya ingat dan kemampuan Anda untuk belajar.

Banyak dari kita meminum secangkir kopi ketika kita mulai merasa kantuk, tetapi tidur siang telah terbukti lebih baik dalam meningkatkan daya ingat daripada kopi. Para peneliti di Universitas Saarland di Jerman menemukan bahwa tidur siang selama 45-60 menit dapat meningkatkan daya ingat dan belajar secara dramatis.

 

Tidur siang membuat kita lebih kreatif.

Para peneliti telah menemukan bahwa manfaat tidur siang dapat meningkatkan aktivitas otak kanan. Belahan otak kanan umumnya dikaitkan dengan tugas-tugas kreatif, sedangkan sisi kiri dengan analitik. Studi di Harvard Medical School dan University of California menemukan Anda lebih kreatif setelah tidur siang jika Anda mendapatkan tidur REM (hingga bermimpi). Para peneliti dari Harvard menyarankan tidur REM membuat otak lebih fleksibel dan terbuka untuk cara berpikir yang lebih baru.

 

Tidur siang mengurangi tingkat stres.

Salah satu hal terbaik tentang tidur siang adalah membantu Anda rileks. Bahkan jika Anda tidak tidur lama, tidur siang bisa menjadi penghilang stres yang hebat. Stres memiliki dampak negatif pada tubuh kita dan tidur siang adalah cara yang bagus untuk mengurangi efek stres. Bahkan jika Anda tidak tertidur Anda tetap mendapat manfaat dari istirahat. Penelitian mendukung fakta bahwa tidur siang adalah cara yang bagus untuk mengurangi stres dan memperbaiki suasana hati.

Untuk menghilangkan stres karyawan selain tidur siang, adalah dengan membantu urusan keuangan mereka. Misalnya dengan memfasilitasi kasbon untuk karyawan Anda.

Saat ini ada aplikasi yang dapat mengurus perhitungan kasbon karyawan Anda, yaitu aplikasi atenda. dengan aplikasi atenda, permasalahan keuangan di perusahaan Anda dapat diselesaikan dengan mudah, karena fitur pada aplikasi atenda saling terintegrasi. Download sekarang aplikasi atenda di Google Play dan App Store.

Cintai bisnis anda dengan mudah.

Atur karyawan anda, dalam hitungan menit. Dimana pun. Kapan pun.